Pages

Ciri Khusus Bunga Sepatu [Klasifikasi]

Bunga sepatu sering disebut pula dengan nama 'kembang sepatu'. Ciri khusus bunga sepatu ini memiliki banyak keunikan khas yang tidak terdapat pada tumbuhan lain. Misalnya bentuk daun yang sedikit oval dengan bergerigi pada tepi-tepi daun, dengan tinggi pohon sekitar 2-5 meter, termasuk kedalam tumbuhan perdu tegak.

Klasifikasi atau ciri lain dari bunga sepatu yaitu pada bagian bunga memiliki bentuk bunga bulat lebar dengan kelopak bunga lunak, berwarna merah terang dengan putik bunga terjuntai menjulur keluar.

bunga sepatu

Karena bentuknya yang indah dan mudah ditanam, bunga ini banyak ditemukan disekitar rumah sebagai tanaman hias. Juga beberapa orang menggunakan bunga ini sebagai semir sepatu, dengan cara dilunakkan dan digosokkan pada ssepatu kulit. Mungkin ini juga awal mula bunga ini dinamakan bunga kembang sepatu.

bunga sepatu sungsang

Pada jenis tertentu yaitu kembang sepatu sungsang, terdapat perbedaan dengan bunga sepatu pada umumnya. Yaitu bentuk daun yang lebih kecil dengan banyak kuncup bunga yang menjuntai kebawah dengan tangkai bunga yang panjang. Bentuk mahkota bunga kecil terkesan koyak dan berkerut, dengan kelopak bunga lebih berukuran lebih kecil. Bunga sepatu songsang dipercaya dapat mengobati beberapa jenis penyakit.

No comments:

Post a Comment