Pages

Pengertian Stek

Apa arti stek tanaman atau pengertian stek? Dalam pelajaran disekolah tentu kita pernah diajarkan tentang metode perkembangbiakan tumbuhan dengan metode yang satu ini. Meskipun hanya dilakukan dengan sederhana, namun proses stek pada tanaman dapat digunakan untuk menghasilkan bibit baru yang lebih baik dari jenis tanaman asalnya.

Mengenai definisi dari stek itu sendiri adalah: Cara yang digunakan dalam mengembangbiakkan tumbuhan dengan metode vegetatif buatan dengan memanfaatkan bagian dari tumbuhan itu sendiri. Bagian tertentu dari tumbuhan yang akan di stek dipotong kemudian ditanamkan pada bagian dari media tanam.

Pengertian Stek

Terdapat beberapa macam stek pada tanaman, yaitu ,meliputi stek batang, stek tangkai, dan stek daun. Cara stek tanaman ini sering juga disebut dengan sistem okulasi, namun agak berbeda dengan metode menyambung. Dalam penerapannya kita dapat melihat berbagai contoh di kehidupan sekitar kita, misalnya pada contoh dibawah ini.

Contoh tumbuhan yang dapat dikembangbiakkan dengan metode stek adalah:
  1. Seperti setek batang beruas (ubi kayu)
  2. Setek tangkai (mawar)
  3. Setek daun (cocor bebek)
  4. Setek pucuk (teh)

Nah dari sedikit penjelasan diatas dapat kita ketahui kalau proses perkembangbiakan tumbuhan dengan metode stek merupakan proses buatan dengan tujuan tertentu, misalnya memperoleh tanaman jenis baru dengan akar yang kuat dan buah yang bagus.

No comments:

Post a Comment