Pages

Pengertian Daur Fosfor

Sebelum membahas tentang pengertian daur fosfor mari kita ulas sedikit mengenai apa itu fosfor. Fosfor adalah unsur yang sangat penting dalam jaringan tubuh manusia, ianya berfungsi sebagai komponen DNA, RNA, ATP, dan juga fosfolipid yang membentuk semua membran sel serta memiliki peranan sebagai fosfat.

Fosfor adalah unsur yang akan di isolasi oleh sistem urin manusia, mengenai penjelasan tentang kantong urine silahkan baca artikel sebelumnya yaitu pengertian kandung kemih. Nah, lantas bagaimana daur fosfor atau phospor atau pospor itu bisa terjadi?

Daur fosfor terus terjadi dan tidak akan pernah ada hentinya dalam ekosistem manusia, mulai dari lingkungan abiotik sampai pada pemanfaatannya dalam proses biologis. Dalam lingkungan abiotik, fosfor terdapat dalam bentuk yang masih berikat dengan oksigen.
Ion fosfor dapat ditemukan pada batuan, kemudian karena proses pengikisan menyebabkan fosfor larut didalam air sampai terbawa ke sungai dan ke laut yang selanjutnya akan membentuk sedimen.

Ion fosfat yang sudahu larut dalam air dapat pula memasuki tanah dan terbawa air tanahu sehingga diserap oleh akar tanaman. Kemudian binatang herbivora memakan daun tanaman ini sehingga fosfat pun akan ikut terbawa kedalam tubuh hewan tersebut. Kemudian hewan karnivora atau manusia akan memakan herbivora tersebut hingga fosfat juga ikut masuk kedalam sistem pencernaan.

Organisme akan mengeluarkan fosfor melalui feses dan urine, nah kemudian akan larut dalam tanah dan diserap oleh tumbuh-tumbuhan. Demikian daur fosfor tersebut terjadi berputar secara terus menerus.

No comments:

Post a Comment